Rabu, 12 Februari 2014

Tips Membuat Tumpeng

Tags

Tumpeng merupakan salah satu dari 30 ikon kuliner tradisional Indonesia yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada pengujung 2012. Tumpeng bahkan dinobatkan sebagai pengikat dari seluruh ikon kuliner tradisional yang akan dikenalkan lebih luas ke khalayak dunia. 

"Tumpeng Nusantara dipilih sebagai ikon besarnya," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Firmansyah Rahim. Dari 30 ikon kuliner harus ada satu makanan yang menjadi unggulan dan sekaligus mengikat keanekaragaman itu, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika. Karena bisa dijumpai di berbagai daerah, pilihan unggulan jatuh pada tumpeng.

Pakar kuliner, Bondan Winarno, mengatakan hal senada. Tumpeng sebenarnya tak hanya ditemui di daerah Jawa, tapi ada pula dari daerah lain. Hanya, isinya yang berbeda. Ada tumpeng yang terbuat dari nasi putih, nasi kuning, nasi merah, bahkan ada yang terbuat dari ubi dan singkong.

Okey, anda penasaran ingin membuat tumpeng yang bagus, enak dan mudah dibentuk? Berikut ini beberapa tips membuat tumpeng yang bisa anda praktekkan :
  1. Gunakan daun pisang batu untuk membentuk tumpeng.
  2. Gunakan beras yang dicampur dengan ketan. Komposisinya dua per tiga beras dan satu per tiga ketan agar tidak cepat kering dan bisa bertahan lama.
  3. Kelapa yang digunakan sebaiknya dikupas.
  4. Beri garnish atau hiasan agar tampilan tumpeng menjadi cantik dan menarik
Oleh :
Desi Susilowati
Republika, 11 Februari 2014

Artikel Terkait