Sabtu, 16 Agustus 2014

Resep Pisang Sangkuriang ala Floating Market

Tags


Mengkreasikan pisang menjadi olahan makanan yang nikmat adalah lebih mudah. Bisa dibakar, digoreng atau dibungkus tepung dulu sebelum digoreng. Topping pisang itu pun bisa beragam. Bila ingin mencampurkan rasa manis dengan gurih, maka perpaduan coklat dan keju sangatlah cocok.
Olahan seperti itulah yang banyak digemari di salah satu kedai perahu di Floating Market Bandung, yaitu Pisang Sangkuriang. Menurut Lia, penjaga kedai perahu Aneka olahan Pisang Lembang, mereke menggunakan pisang tanduk yang asli Lembang.
"Pisang tanduk dari lembang dalamnya merah, kalau yang lain putih pucat saja. Kalau yang ini kuning pekat hampir ke merah," katanya. Nah, itu sepertinya menjadi rahasia mereka, karena hasilnya memang pisang itu berasa manis dan tidak kasat atau masam. Penasaran ingin mencoba membuatnya, ini dia Resep Pisang Sangkuriang-nya.
Bahan :

  • 1 buah pisang tandul asli Lembang
  • Meses cokelat
  • Keju parut
  • Susu kental manis
  • Minyak goreng

Cara membuat :

  1. Kupas pisang tanduk.
  2. Belah pisang dengan menggunakan pisau dan lanjutkan membelahnya menggunakan tangan. Teknik ini membuat pisang bisa terbelah dari atas sampai bawah tanpa terputus.
  3. Goreng pisang dengan minyak banyak hingga pisang terendam.
  4. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  5. Letakkan di atas piring, taburi meses dan keju parut, kemudian siram dengan susu kental manis. Pisang Sangkuriang siap disantap.


Pikiran Rakyat, 22 Juni 2014
Oleh Vebertina Manihuruk

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon