Jumat, 31 Oktober 2014

Tips Mengolah Daging Ayam ala Chef Dandan Sukandar

Tags

Mengolah ayam itu mudah, kata chef Dandan Sukandar. Ayam memang menjadi bahan makanan yang umum di Indonesia dan di berbagai belahan dunia dengan ciri khasnya masing-masing. Ayam bisa dimasak dengan digoreng, dibakar, dipanggang, dibumbui rendang, dibumbui gulai dan masih banyak lagi yang lainnya.
Oleh karena itu, seharusnya masakan dari daging itu enak untuk disantap. Namun ada kalanya masakan berbahan dasar daging ayam itu justru tidak lezat.  Dimanakah permasalahan utamanya? Chef Dandan Sukandar secara blak-bkan membuka rahasia dapurnya : Kuncinya adalah pada pengaturan waktu (timing)
  • Untuk memarinasi / membumbui ayam, waktu yang dibutuhkan tidak selama waktu memarinasi daging sapi atau yang lainnya. Paling minim waktunya adalah 15 menit. "Tambah lama, tambah enak karena bumbunya meresap," ucapnya.
  • Namun pemahaman tambah lama itu pun tidak boleh terlalu lama di suhu ruang. Daging unggas jika terlalu lama di suhu ruang dalam keadaan mentah maka akan mengeluarkan bau tak sedap yang akan tetap tercium meskipun daging ayam tersebut sudah menjadi masakan matang. "Ya, mengolah ayam itu mudah, tapi memang harus tahu timing-nya. Selain itu cara penyimpanannya pun harus benar. Jangan dibiarkan di luar. Lebih baik disimpan di chiller," tutur Dandan
  Semoga bermanfaat...


Chef Dandan Sukandar
Tre-botti Restaurant

Pikiran Rakyat,1 Juni 2014
Disajikan oleh : Vebertina Manihuruk

Artikel Terkait

1 komentar so far

harus tunggu dulu sblm di masak


EmoticonEmoticon