Senin, 06 Oktober 2014

Tips Melunakkan dan Menghilangkan bau Prengus Daging Kambing ala Chef Jatmiko Kholil

Tags


Banyak cara dilakukan orang untuk membuat daging kambing empuk sebelum diolah. Chef Jatmiko Kholil dari  Hotel Crowne, Plaza Semarang menyarankan menggunakan yoghurt.

"Tentu saja, yang plain atau tawar. Plain yoghurt tidak akan berpengaruh terhadap rasa daging," ujarnya.
Ini berbeda jika menggunakan bahan lain yang selama ini juga sering dimanfaatkan untuk melunakkan daging sebelum diolah, yakni nanas dan daun pepaya. Menurut Chef yang akrab dipanggil Miko ini, penggunaan nanas akan memberikan rasa manis pada daging. "Tetap bisa digunakan, tapi pilih nanas yang masih mangkal. Sementara daun pepaya akan membuat daging tersa pahit," jelas dia.

Untuk daging kambing, chef Miko menambahkan jinten dan ketumbar saat daging didiamkan (diungkep) bersama yoghurt sebelum diolah. Bahan-bahan tersebut sekaligus bisa menghilangkan bau prengus daging kambing.

Setelah dibumbui menggunakan jinten, ketumbar dan yoghurt, daging siap diolah, entah itu digrill atau dimasak lain. "Kalau digrill hanya perlu sekitar 5-10 menit sudah empuk," imbuh chef yang pernah bekerja di hotel-hotel di negara Timur tengah selama 13 tahun ini.


Chef Jatmiko Kholil
Hotel Crowne Semarang

Tribun jateng, 5 Oktober 2014

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon