Jumat, 14 Maret 2014

Tips Cara Membuat Bunga dari Timun

Tags

Timun atau mentimun adalah jenis buah-buahan yang sering dijadikan pelengkap yang rutin hadir dalam setiap jenis masakan. Dari nasi goreng, sate kambing (dalam bentuk acar) sampai tumpeng. Untuk keperluan sajian sederhana, timun cukup dipotong miring atau dipotong dadu, namun untuk sajian istimewa seperti tumpengan, timun perlu disajikan secara istimewa juga. Nah, berikut ini tips cara membuat hiasan bunga dari mentimun, yang saya ambilkan dari wikihow.
Bahan yang perlu disiapkan untuk keperluan ini tentunya adalah timun. Pilih timun yang mempunyai bentuk dan warna yang mulus. Selain itu anda perlu menyiapkan pisau kecil yang tajam. Langkah-langkah pembiatannya adalah sebagai berikut :

Langkah 1
Image : wikihow.com
Cuci mentimun, biarkan hingga kering. Untuk mempercepat proses pengeringkan anda bisa menyekanya dengan kain atau tissu.

Langkah 2



Potong sejajar menjadi dua.

Langkah 3
Membuat Kelopak bunga. Buatlah kelopak bunga dengan mengiris mentimun tipis-tipis. Ketika Anda memotong , pastikan Anda menyertakan beberapa potongan daging mentimun bersama dengan kulitnya. Atur ketipisan potongan dengan jarak yang rata dan teratur.


  • Potong sampai mendekati bagian bawah mentimun. Jangan terlalu ke bawah, karena anda harus menjaga agar kelopak tetap utuh .

Langkah 4
Buatlahirisan tipis di bagian bawah agar mentimun dapat berdiri .

Langkah 5
Atur posisi kelopak bunga dengan jari-jari Anda . Hati-hati dalam menarik setiap kelopak bunga, agar tidak ada kelopak yang patah.

Langkah 6
Buang bagian biji mentimun dengan melubangi bagian tengah mentimun dengan pisau pengupas . Hati-hati saat anda memotong sekitar area benih. Bersihkan semua biji yang tersisa dengan pisau.

Langkah 7
Membentuk kelopak bunga. Potong ujung kelopak mentimun secara diagonal agar kelopak terlihat seperti bunga sungguhan. 


Langkah 8
Untuk menambah kesan manis, tambahkan sayuran kecil di tengah mentimun. Anda bisa menggunakan wortel yang diiris lembut, atau bisa menambahkan beberapa saus. Olala...  cantik nian karya ibu....

Sumber : www.wikihow.com

Artikel Terkait

1 komentar so far

keren...makasih buat infonya.


EmoticonEmoticon