Senin, 23 Desember 2013

Tips cara merawat peralatan masak dari teflon

Tags

Kehadiran berbagai alat masak yang terbuat dari teflon memudahkan kita untuk memasak. Lapisan anti lengket pada teflon membuat kita tidak perlu menambahkan banyak minyak bahkan tidak perlu memakai minyak saat memasak, membersihkan peralatan dari teflon pun sangat mudah.
Perawatan yang benar akan membuat peralatan memasak teflon anda lebih awet dan sehat.
  1. Selalu menggunakan pengaduk masakan atau spatula yang terbuat dari kayu halus atau pengaduk khusus untuk peralatan teflon agar tidak menggores permukaan teflon
  2. Gunakan suhu api yang rendah sampai sedang
  3. Setelah selesai memasak, diamkan teflon hingga dingin, baru kemudian dicuci. Langsung menyiran teflon panas dengan air dapat membuat lapisan teflon mengelupas.
  4. Gunakan sabun pencuci yang lunak, paling baik adalah sabun cair.
  5. Setelah permukaan teflon kering, lapisi dengan minyak masak agar permukaannya tetap lembab. Tuang minyak goreng pada kain bersih, oleskan di permukaan teflon
  6. Jika anda sudah melihat banyak goresan pada permukaan teflon, apalagi sampai mengelupas, segera buang dan ganti dengan peralatan baru. Teflon yang sudah tergores kehilangan fungsi lengketnya sekaligus berbahaya jika serpihannya bercampur dengan makanan.

By : Sri Gustina
Harian Waspada, edisi 8 Desember 2013

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon